Tuesday, July 04, 2006

Oma Ira

Tiga minggu lalu saat makan siang di kantin, aku ngobrol2 dengan seorang teman. Pembicaraan kami cukup menarik tentang seorang wanita tua yang ia bantu, Oma Ira begitu kami menyebut namanya. Sebenarnya sudah beberapa kali cerita ini diulang, tapi aku gak pernah bosan dengan kisah perjuangan wanita.

Suatu kali tanpa sengaja ia berkenalan dengan si Oma di bis umum. Mereka ngobrol dari soal anak, penjarahan pada kerusuhan Mei, perginya anak semata wayang yang calon dokter selama2nya sampai kepada cita2 si Oma yang sebatang kara. Hidup wanita tua ini benar2 tak terduga, dari seorang milioner kaya raya hingga tersisa hanya asa. Kehilangan anak terkasih (karena stress yang berlebihan) tak mengurungkan semangat 45nya untuk bertahan hidup.

Jalan hidup si Oma ternyata membawa contoh dan berkah bagi aku dan temanku. Tak mengenal putus asa. Diusia senjanya ia masih berjuang mandiri. Setelah hidup menggembel kesana kemari tidak jelas, Oma akhirnya mendapat tempat berteduh di sebuah rumah singgah yang dihubungi temanku dari yayasan Gereja Katholik-nya. Oma juga mendapat mesin jahit bekas untuk memulai usaha barunya. Yup, di usia senja dan sebatang kara Oma masih berfikir untuk berusaha dan bekerja. Hanya beberapa bulan di rumah singgah, Oma akhirnya bisa mandiri dengan usaha jahitnya yang sangat minim, ia berhasil menyewa sebuah rumah kontrakan kecil dan memulai cita2 besarnya dari sana.

Saat ini Oma sudah punya 1 anak buah. Hebat! Dan usahanya kian maju. Setidaknya Oma bisa menghidupi dirinya tanpa mengemis sedikitpun. Dengan menjual pakaian anak2 yang ia jahit, Oma mampu bertahan dan terencana dengan matang. Misi utamanya adalah menjual pakaian anak2 saat hari raya nanti. Oma tidak pernah putus asa.

Sebagai generasi muda, harusnya kita bisa mencontoh Oma yang terus giat berusaha dan juga berdoa dalam menjalani hidup mewujudkan cinta2nya. Bravo!

1 comment:

Anonymous said...

Especially I like the first site. But other links are informative too, if you are interested check all those links.http://indexmachine.info/3372.html and http://indexmachine.info/2384.html

Related Posts with Thumbnails
Related Posts with Thumbnails