Thursday, April 27, 2006

nyanyian sodet

Mungkin para tetangga binun kaliii yeeee…semalam ini masih aja terdengar nyanyian sodet dan penggorengan….sendok garpu dan mangkuk….dari rumahku. Apalagi letak rumah yang sangat berhimpitan hehehee.
Pukul 10 PM past 45 ….aku baru aja kelar membersihkan seluruh peralatan masak… hehehe….dan sekarang sambil nonton si DJ Tiesto di Paranoia-nya O Channel aku menikmati hasil eksperimen selama 1 jam ini (hihihihi…masih aja lama ya masakku)….bakso ayam tofu semangkuk penuh dan sepotong lumpia isi ayam ….mmmmm….yammy juga. Bakso ayam tofu-nya mirip2 gitu dengan bakso tahunya HokBen (masaaa seeeh? hehehe) gak nyangka deh eksperimen pertama ini langsung cocok dengan rasanya, meski bentuk baksonya rada penyok2…tapi bisa jg dibanggakan….hahahahahahhaa…. (daripada minder). Kalau rasa lumpianya ya…mayan deh, agak kurang gurih mungkin karena tadi numis isinya terbatas di teflon kecil. Tapi pada dasarnya seh dah cukup pas dan siap untuk di test temen2 kantor besok heeehehhe....
Berikut resep Bakso Tofu Rindu : (secara aku kangen gitu deh ma mas Gku)
Bahan dan bumbu :
· 2 potong tahu putih kecil, hancurkan
· 1 ons ayam giling
· 1 butir telur ayam
· daun bawang
· 1 sendok makan tepung terigu yang dilarutkan dalam air (kira2 5-6 sendok makan)
· wortel dan buncis untuk teman si bakso tofu
· bumbu: garam, lada, penyedap rasa secukupnya dan 2 siung bawang putih (rajang kecil2)
· air sepanci untuk merebus bakso
Cara membuat :
Kocok telur dan bumbu hingga rata, masukkan tahu yang telah dihancurkan. Kemudian masukkan ayam dan daun bawang. Setelah rata tambahkan campuran tepung terigu dan aduk2 dengan cinta. Jiks sudah cukup rata, bentuk bulat2 dengan menggunakan 2 sendok makan lalu cemplungkan ke dalam rebusan air ....sebentar lagi bakso yang matang akan mengambang.
Oya, sampai lupa.....kuahnya cukup masukkan irisan bawang putih dan daun bawang. Jika suka bisa juga tambahi sayuran seperti wortel dan buncis....yammmyyy.....
Dengan resep ini bisa jadi 20 bakso (4 mangkuk).
______________________________
Kalau lumpia begini resepnya:
Tumis bawang putih, 1 potong ayam yang sudah dipotong kecil2, soun/bihun, wortel dan buncis yang telah di potong kecil2 juga....tambahkan bumbu sesuai selera. Siapkan kulit lumpia yang bisa kita beli di supermarket, lalu tata 1 sendok adonan isi lalu gulung kulit lumpia. Goreng dalam minyak panas di atas api kecil.

Dengan resep ini bisa jadi 10 lumpia yammy.

No comments:

Related Posts with Thumbnails
Related Posts with Thumbnails