Monday, April 17, 2006

Kue Doraemon

yeepee...liburan 3 hari nambah elmu masak memasak. Berawal dari anter Mama belanjak di supermarket bikin naluri isengku muncul deh saat liat pelayan Supermarketnya lagi marut kelapa dengan mesin, jadi pengen bikin kue Dorayaki! Minggu Palma lalu kan aku sempet nongkrong makan Dorayaki depan St. Yohanes, Barito sambil nunggu misa jam stengah 8 pagi kelar. Si abang penjual Dorayaki ngebocorin resep adonannya yang simple banget kok, campuran terigu, 'blue band' (sorry sebut merek), telor dan kelapa muda.
Jadi Jumat Agung pagi sebelum misa aku praktekin deh. Ternyata karena cetakan yang Mama punya untuk cetakan kue lumpur, jadinya malah lucu banget bulet2 mirip Poporcese...akh terserah deh bentuk sama namanya yang pasti rasanya yammy....gurih dan manis, apalagi kalau dimakan hangat + kopi susu .....
Kemarin selesai Misa Paskah dengan anak2 di Paroki St.Mikael,Kranji aku beli cetakan lagi sendiri di pasar untuk praktek di Kreo. Sekalian percobaan lagi biar Ade bisa nyobain pulang kantor. Aku dapet cetakan yang harga 15ribu sudah termasuk alat pembalik kue, tapi cetakannya rada ceper..persis seperti cetakan Dorayaki...yang seperti punya Mama dikasih harga 60ribu...wah mahal banget! Semalam aku praktekin, bentuknya ceper hehehe....tapi yang penting rasanya yammy... apalagi ditambah 1 sendok madu.

Resep Doraemon: (aku namanin Doraemon aja deh hehehe)

sambil mencairkan 3 sendok makan margarine
kocok 1 butir telur
+ 1 sendok makan gula pasir
+ garam secukupnya
+ 3 sendok makan susu kental manis
+ 1 sendok makan madu
+ 6 sendok makan terigu
+ 6 sendok makan kelapa muda
+ stengah gelas air matang supaya agak encer (tapi suka2 aja ya!)
lalu masukkan margarine cair kedalam adonan hingga rata.
Jika suka, tambahkan parutan keju.

siapkan cetakan diatas api kecil, lalu olesi dengan margarine agar tidak lengket dan mudah dibolak/lik. Dengan resep ini bisa jadi sekitar 13-17 buah....lumayan untuk ngemil sore + kopi susu hangat atau disuguhkan untuk tamu. Oya, next time aku mau coba kue2 kukus...kemarin di pasar sudah sempet ngiler beli cetakan2 kue lainnya...hehehehe

1 comment:

mwidartivr@gmail.com said...

Di
Mau tanya Nih kamu beli cetakan dorayaki di pasar mana ya ? tepatnya di toko mana?
Gw juga mau beli tapi belum ketemu
Thank you ya

Related Posts with Thumbnails
Related Posts with Thumbnails