Thursday, September 01, 2005

Hari ke-2 di Manado

Hari ke-2 di Manado.
Enak ya jadi Pa Boss..berangkat siang..apalagi kantor cuman sekejap...5 menit dah sampe....wong kantor ma rumah deketan cuman beda pengkolan hahahaha... asiknya lagi di kota Manado tuh gak banyak mobil kayak Jakarta jadi macet paling2 cuman 1 menit atau ya sebentaaaaar deh... itupun jarang sekali loh.

Nemenin mas tanda-tangan dokumen2 trus kita b-2 cabut ke kawasan Hutan Tangkoko...kpingin liat monyet terkecil, Tarsier, di dunia...wah jauuuuuh banget loh di peta, ternyata kenyataannya lebih jauh lagi....mlewati kawasan industri, hutan jati...kebon kelapa...melewati dusun2...sampe akhirnya bingung gak tau lagi mo diterusin gak neh soalnya jalan aspal yang ngepas mobil itu gak berhenti2 dan tidak ada tanda2 jalan yang menunjukkan bahwa kita pada arah yang benar. Mampir di warung kecil untuk beli cemilan dan air minum, si tante2 tua pemilik warung juga bilang masih jauh turun naik dan dikaki gunung...ampyuuuun.... gak kebayang deh. Tapi karena semangat akhirnya dijalanin deh tuh, berbekal kacang kulit, coklat, dan air putih kita telusuri lagi perjalanan...eh ada babi gemu di pinggir jalan, kereta pengangkut kelapa yang ditarik sapi, dan orang2 yang keheranan karena kita b-2 berhenti cuman buat photo2 mereka atau babi gemuk itu hehehehee..... kasian ya orang Jakarta gak pernah liat Babi kliaran di pinggir jalan... :))
Setelah perut mulai kroncongan kita akhirnya tersadar bahwa jam sudah pukul 3 sore Manado... pas cek sinyal HP juga gak ada...akhirnya kita memutuskan kembali ke jalan raya aja...nyerah deh ke hutan Tangkoko, daripada gak bisa balik kburu malam. Apalagi kita gak jarang mlewati jalan yang persis di pinggir jurang...hiiiiiiiii....kalo malam pasti serem deh. Suamiku akhirnya nurut juga "bener gak nyesel gak jadi liat monyetnya"...ih kayak nyindir gitu gw sobatan ma primata....nakal!

Perlanan kita beralih dari tujuan Tangkoko ke Danau Tondano...asiiiik! kayak apa sih?
Keluar dari jalur Tangkoko...kita teteeep...melewati jalan yang berkelok-kelok dan berdampingan dengan jurang. Tapi kali ini kita gak sendirian...tapi masih banyak kendaraan lalu lalang. Kita melewati perkampungan yang rapiiiiih dengan rumah2 panggung dengan halaman penuh bunga bougenville warna-warni... bagus deh..trus menyusuri kampung itu sampai tiba di perempatan antara Pasar Tondano dan Kantor Bupati TOndano. Karena sudah makin lapar kita keliling2 daerah pasar untuk cari makanan berat tapi 2 kali muter2 di pasar itu gak ada yang jual makanan berat, terpaksa deh berhenti depan toko Kue Metro...(oya kayaknya kue atau roti di daerah ini cukup terkenal, abis banyak banget toko yang buka sesore ini jualan kue). Karena gak terlalu pengen makan kue, jadi kita hanya membeli beberapa potong roti dan kue panada untuk ganjel perut.
Perjalanan lanjut ke Danau Tondano...kata suami sebentar lagi sampe kok... dia langsung ngegas supaya kita baliknya gak kemalaman. Eh rotinya ternyata enak bangeeeeet... harga Rp 800,-an tapi yammy...apa karena lapar ya..hehehehe...
Makin dekat dengan Danau Tondano kita melewati hamparan sawah yang luuuuaaaaaaaassss banget. baguuus deh! hijauuuu dimana2.... kayaknya ada yang lagi panen juga tuh! Oya, di sini kendaraan umumnya delman atau andong. Di hias warna warni bikin menarik deh. Sayang aku gak sempet nyoba naik andong abis dah lapaaaar.... kira2 10 menit kemudian, setelah, menyusuri jalan kecil beraspal di tengah2 hamparan sawah, baru deh Danau Tondano terlihat di sisi kiri jalan. luuuuuuuaaaaaasssss..... akhirnya....
Kami berhenti di sebuah restoran di tepi danau..... suasana restoran Tumou Tou seperti rumah panggung cowboy. Eh ternyata para pelayannya memang bergaya lengkap dengan topi cowboy. Kami memesan Cakalang Papis.. yaitu, ikan cakalang di suir2 dan berbumbu rempah2...aduh makin lapar dengar penjelasan si pelayan cowboy cantik, sayur paku tumis..nah ini semacam tumbuhan pakis yang ditumis...aneh ya, tumbuhan hias ternyata bisa dimakan juga :)... tembahan lainya kami coba sate kolombi...katanya seh sejenis siput dari Danau Tondano. Dan memesan es jeruk nipis hangat biar balance sama makanannya.
Sambil menunggu, kami photo2 donx.

Makanannya dataang....mmmm...yammy! makanannya banyak banget.. Total jendral gak sampe 50ribu, udah gitu bisa dibungkus kalau gak habis. jadi bisa sampe makan malam hahahhaa.... asli, porsi di Manado tuh besar banget buat kita ber-2. Sudah kenyang kita kembali lagi ke Manado.

Oya... rute pulang kembali melewati Pasar Tondano, jadi kita mampir lagi beli roti di toko Metro yang tadi. Si tante penjual roti tersenyum malu2 saat kami minta konfirmasi apa betul kue2 ini buatan sendiri. Dia sepertinya tersanjung karena kami bilang rotinya enak dan beli lebih banyak...untuk makan di jalan:)) katanya tadi sudah kenyang hehehehe....
Perjalanan pulang panjaaaaaaaang banget.... melewati daerah seperti puncak dengan jalan yang berkelok-kelok menurun...udara di sini juga sejuk sekali jadi aku matikan AC dan membuka kaca jendela mobil lebar2.
Selesai mandi di rumah, kami jalan2 keluar lagi...hehehe...gak cape ya, abis kapan lagi jalan2 di Manado..jadi di pol2in deh sampe gempor. Malam ini kami muter2 kota lalu mampir di Bahu Mall beli cemilan untuk bekel ke Bukit Kasih besok. Trus mampir juga di pinggir2 mall yang dialokasikan khusus untuk warung2 tenda. Eh di sekitar sini ada satu restoran yang cukup terkenal, namanya Wisata Bahari. Suamiku pernah makan kepiting kenari yang satu porsinya sekitar 150ribu rupiah. Waktu di ajak makan aku ingat Cakalang Pampis yang tadi dibungkus dari Tondano, jadi kita cuman mampir ke warung tenda Kawan Baru...ngupi2...eh tapi malah makan roti bakar juga seh hehehee....

1 comment:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.